Rabu, 15 Juni 2016

Contoh gejala kapilaritas dalam kehidupan sehari-hari dan pengertiannya


 http://www.sigerpendidikan.com/2016/06/contoh-gejala-kapilaritas-dalam.html
Contoh gejala kapilaritas dalam kehidupan sehari-hari dan pengertiannya. Kita semua tentu tidak asing lagi dengan yang nama nya kapilaritas, kapilaritas dapat kita artikan sebagai gejala naik atau turunnya suatu zat cair melalui celah yang sempit atau pipa kapiler.

Disini kita akan sedikit membahas tentang manfaat dan bagaimana kapilaritas itu bisa terjadi.

Beberapa manfaat dari adanya gaya kapilaritas


1.    Naik nya minyak kompor pada kompor minyak
2.    Meresapnya air melalui dinding
3.    Naik nya zat hara dan air pada tumbuh tumbuhan
4.    Menyebar nya tinta di permukaan kertas
5.    Air yang tergenang dapat diserap dengan spon,kain pel, dll

Dari peristiwa kapilaritas ini juga dapat memberikan manfaat untuk manusia, hewan, dan tumbuhan : 

1. Pada manusia
Hemoglobin akan mengambil oksigen dari paru paru & akan dilepaskan pada saat sel darah merah (eritrosit) melewati pembuluh kapiler

2. Pada ikan
Filamen pada pembuluh darah insang mengandung pembuluh kapiler untuk memudahkan proses pertukaran oksigen & karbondioksida.

3. Pada tumbuhan
Rambut akar & batang tumbuhan terdiri dari pembuluh kapiler sehingga air dan zat hara dari dalam tanah akan naik menuju batang, dahan, & ranting tumbuhan.


Bagaimana kapilaritas ini bisa terjadi ?


Penyabab kapilaritas ini adalah karena ada tegangan permukaan. Tegangan permukaan tersebut bekerja pada zat cair dengan dinding pipa kapiler.

Kapilaritas juga di pengaruhi gaya adhesi dan kohesi

Suatu zat cair akan naik ke dalam pipa kapiler apabila zat cair tersebut membasahi tabung, yaitu pada saat gaya adhesi zat cair lebih besar dari pada gaya kohesi.

Hal ini dikarenakan gaya tegangan permukaan sepanjang dinding tabung bekerja ke arah atas. Ketinggian maksimum terjadi pada saat gaya tegangan permukaan setara atau sama dengan berat zat cair yang berada dalam pipa kapiler. Permukaan zat cair akan turun jika zat cair tidak membasahi tabung, yakni pada saat gaya kohesi lebih besar daripada gaya adesi.

Ketika permukaan zat cair naik dalam pipa kapiler sudut kontak yang terbentuk kurang dari 90 derajat & ketika permukaan zat cair turun dalam pipa kapiler maka sudut kontak yang terbentuk lebih dari 90 derajat. Sudut kontak ialah sudut yang terbentuk oleh lengkungan. Kohesi ialah gaya tarik menarik antara molekul-molekul dalam zat sejenis. Adesi ialah gaya tarik-menarik antara molekul-molekul zat yang tidak sejenis.



Demikian pembahasan tentang Contoh gejala kapilaritas dalam kehidupan sehari-hari dan pengertiannya semoga ada manfaat nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Macam-Macam Bagian Penyusun Tulang Rangka Manusia Lengkap

Macam-Macam Bagian Penyusun Tulang Rangka Manusia Lengkap - Tulang penyusun rangka tubuh manusia terbagi menjadi tiga bagian, yaitu : ...