Jumat, 14 Oktober 2016

Pengertian Jaringan Meristem Dan Contoh Gambar Lengkap

 http://www.sigerpendidikan.com/2016/10/pengertian-jaringan-meristem-dan-contoh.html


Pengertian Jaringan Meristem Dan Gambar LengkapKata meristem bersal dari bahasa Yunani “meristes” yang artinya “terbelah”.  Sesuai dengan nama nya, jaringan meristem ini sel nya sangat aktif membelah guna menghasilkan sel-sel baru. Oleh karena itu dapat kita sebut sebagai jaringan embrional.


Ciri-ciri jaringan meristem antara lain :



-Dinding sel tipis

-Selnya kecil-kecil
-Inti sel besar
-Vakuola kecil

Pada jaringan meristem ada sel yang selalu tetap, sel ini berfungsi untuk menghasilkan sel-sel baru di dalam jaringan meristem.  Sel ini disebut sebagai sel inisial atau sel permulaan. Sedangkan sel-sel baru yang mengalami perkembangan dan spesialisasi dalam jaringan disebut derivative. Sel derivative ialah sel-sel yang menjadi sel pengganti meristem.


Menurut pembentukannya jaringan meristem ini dibagi menjadi tiga , yaitu :



1. Promeristem

Promesristem ialah suatu jaringan meristem yang sudah ada sejak tumbuhan-tumbuhan itu berada di fase embrio.


2. Meristem Primer

Meristem primer terletak pada ujung akar dan ujung batang, biasa nya dapat ditemui pada tumbuhan-tumbuhan dewasa. Oleh sebab itu tumbuhan dapat  mengalami penambahan tinggi dan panjang, sifat seperti ini dinamakan juga sebagai meristem apical.


3. Meristem Sekunder

Setelah berkembang jaringan meristem primer berubah menjadi meristem sekunder. Contoh nya pada kambium. Kambium adalah jaringan pada tumbuhan biji trebuka dan tumbuhan dikotil. Kambium berada di antara xylem dan floem. Pembentukan kambium kea rah luar akan membentuk kayu sedangkan kea rah luar akan memebentuk kulit kayu. Dan kambium dapat juga megalama pertumbuhan kea rah samping. 

Contohnya pada tumbuhan dikotil, batang dan cabangnya tumbuh semakin besar. Pertumbuhan cambium ke luar terjadi secara lambat dibandingkan dengan pertumbuhan cambium ke dalam, hal ini yang menyebabkan lapisan kayu lebih tebal dari pada lapisan kayu.



Selain dari asal pembentukan nya jaringan meristem juga dapat  dikelompokkan berdasarkan letak nya, yaitu meristem apikal, meristem interkalar dan meristem lateral



Meristem apikal 

 http://www.sigerpendidikan.com/2016/10/pengertian-jaringan-meristem-dan-contoh.html

Meristem apikal atau biasa disebut sebagai meristem ujung. Meristem ini terdapat pada ujung batang dan akar. Saat terjadi pemanjangan, meristem apikal ini akan menghasilkan tunas apikal. Tunas apikal inilah yang akan berkembang menjadi jaringan baru yang akan membentuk daun, batang, bunga. Sehingga pertumbuhan jaringan apikal disebut sebagai partumbuhan  primer, dan jaringan yang dihasilkan dari proses ini disebut jaringan primer.


Meristem Interkalar

 http://www.sigerpendidikan.com/2016/10/pengertian-jaringan-meristem-dan-contoh.html

Selain dari meristem apical , jaringan tumbuhan lain juga memiliki yang disebut dengan meristem interkalar. Letak jaringan ini berada diantara jaringan permanen atau jaringan dewasa. Pertumbuhan meristem interkalar ini akan menghasilkan bunga. Sehingga jaringan yang dihasilakn meristem ini bisa digolongkan kedalam jaringan primer.


Meristem Lateral

 http://www.sigerpendidikan.com/2016/10/pengertian-jaringan-meristem-dan-contoh.html

Meristem Lateral ini biasa dinamakan dengan meristem samping. Contoh dari meristem samping ini adalah pada cambium pembuluh dan cambium gabus. Pada saat mengalami pembelahan sel , cambium pembuluh pada akar dan batang akan mengalami yang nama nya proses penebalan. Akibatnya akar dan batang akan semakin membesar. Pertumbuhan ini disebut sebagai pertumbuhan sekunder. Dan jaringan yang dihasilkan dari proses ini dinamakan jaringan sekunder.

Demikian lah pembahsan tentang Pengertian Jaringan Meristem Dan Contoh Gambar Lengkap , semoga bisa menambah wawsan ilmu pengetahuan kita. wasalamualaikum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Macam-Macam Bagian Penyusun Tulang Rangka Manusia Lengkap

Macam-Macam Bagian Penyusun Tulang Rangka Manusia Lengkap - Tulang penyusun rangka tubuh manusia terbagi menjadi tiga bagian, yaitu : ...