Kamis, 13 Oktober 2016

3 Faktor Yang Mendorong Globalisasi

 http://www.sigerpendidikan.com/2016/10/3-faktor-yang-mendorong-globalisasi_13.html


3 Faktor Yang Mendorong Globalisasi - faktor yang mendorong globalisasi - Dalam hal proses globalisasi berlangsung dengan sangat cepat. Hal ini terjadi karena beberapa faktor yang mempengaruhinya. Disini akan kita bahas apa saja faktor yang mendorong globalisasi :

A. Arus Perdagangan Dunia Meningkat

Dengan adanya pasar bebas artinya peraturan-peraturan dan batas Negara sudah tidak menjadi suatu masalah lagi, yang berdampak kepada arus perdagangan antar dunia yang semakin hari semakin meningkat. Produk-produk dari luar sudah bebas masuk ke Negara kita.

Hal ini jika tidak disikapi dengan baik, maka produk-produk dalam negri kita akan kalah bersaing dengan muncul nya produk-produk dari luar.

B. Kemajuan BIdang Teknologi Informasi

Kemajuan dalam bidang teknologi yang samakin pesat menyebabkan penyebaran informasi dari satu wilayah ke wilayah lain berlangsung dengan cepat.  Di tambah lagi dengan adanya internet yang bisa menembus dunia maya ke penjuru dunia semakin mempercepat proses globalisai. Manusia tidak dibatasi lagi oleh ruang dan waktu. Dalam waktu singkat, denagn m,engakses internet berbagai informasi dapat di peroleh hanya dengan duduk di depan komputer.

C. Menghilangnya Batas Teritorial Negara.

Kecanggihan-kecanggihan dalam bidang komunikasi, teknologi-teknologi terbaru yang semakin berkembang menyebabakan batas-batas antar Negara melebur.  Arus informasi dapat berlangsung dengan cepat, dan tidak lagi tidak dipengaruhi lagi oleh jarak.

Masalah manusia di masa lalu yang dikarenakan jarak sudah tidak ada lagi, seseoorang sudah dengan mudah berbicara langsung dengan lawan bicara nya yang ada di Negara luar, bahkan dengan melihat wajah yang di ajak bicaranya. Dengan kecanggihan ini jarak ribuan meter pun sudah tidak menjadi penghalang lagi. Hal ini juga yang menyebabkan proses globalisasi dapat berlangsung sangat cepat.

Demikian lah pembahasan tenteang 3 Faktor Yang Mendorong Globalisasi , semoga bisa menambah wawasan ilmu kita. Terimakasih


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Macam-Macam Bagian Penyusun Tulang Rangka Manusia Lengkap

Macam-Macam Bagian Penyusun Tulang Rangka Manusia Lengkap - Tulang penyusun rangka tubuh manusia terbagi menjadi tiga bagian, yaitu : ...