Senin, 10 Oktober 2016

Sejarah Berdirinya Kerajaan Majapahit, Kejayaan, Runtuhnya serta Raja-rajanya

 http://www.sigerpendidikan.com/2016/10/kerajaan-majapahit.html
Kerajaan Majapahit. Kerjaan Majapahit adalah salah satu kerjaan Hindu yang ada di Jawa Timur, yang di dirikan oleh Raden Wijaya pada tahun 1293 M. 

Majapahit sendiri berasal dari kata “buah maja” dan “rasa pahit”. Karena memang didaerah itu banyak buah maja yang berasa pahit. Kerajaan kuno ini berdiri pada tahun 1293 sampai 1500 masehi. 

Kerajaan Majapahit ini di anggap sebagai kerajaan terbesar yang ada di Indonesia karena luas nya melebihi wilayah Indonesia meliputi Sumatera, Bali, Filipina, dan Borneo.

Berdirinya Kerajaan Majapahit

Cikal bakal berdiri nya kerjaan Majapahit ini adalah karena adanya serangan dari adipati Kediri yaitu Jayakatwang yang berhasil membunuh penguasa dari kerajaan Singasari terakhir yaitu Kartenagara, dikarenakan adanya penolakan pemberian upeti. Dan menantu dari Kartenagara yaitu Raden Wijaya berhasil melariakn diri ke daerah Madura untuk meminta perlindungan kepada Aryawiraraja. 

Aryawiraraja memberikan hutan tarik kepada Raden Wiajaya sebagai daerah kekuasaan nya yang kemudian di dirikan sebuah perkampungan baru yang diberi nama Majapahit. Semenjak itu Jayakatwang menjadi penguasa di kerajaan Singasari.

Kemudian datang lah pasukan dari Mongolia yang di pimpin oleh Shih-Pi, Ike-Mise, dan Kau Hsing yang bertujuan untuk menghukum Kartenagara karena menolak member upeti, tetapi mereka terkejut karena Kartenegara telah di bunuh oleh Jayakatwang.

Situasi ini di manfaat kan oleh Raden Wijaya untuk membalaskan dendam nya kepada Jayakatwang, Ia menghasut pasukan tentara Mongolia tersebut unutuk menyerang kerajaan Singasari. 

Setelah berhasil menumpas Jayakatwang tentara Mongolia di serang balik oleh Raden Wijaya, mereka yang tidak menyangka adanya serangan ini tunggang langgang kabur karena tidak siap. 

Raden Wijaya kemudian dinobatkan menjadi Raja Pertama Kerajaan Majapahit pada tanggal 10 November 1293 dengan gelar Kertarajasa Jayawardhana.

Sejak saat itu Kerajaan Majapahit berkembang pesat sampai menjadi kerajaan besar yang sangat luas wilayah kekuasaan nya.

Kejayaan Majapahit 

Raja-raja di Kerajaan Majapahit terus bergantu, sampi akhirnya cicit dari Raden wijaya yaitu Hayam Wuruk menjadi raja pada usia 16 tahun pada tahun 1350 M. 

Walaupun usia nya belia Hyam Wuruk mampu memimpin Majapahit mencapai puncak kejayaan nya. Ia mampu menaklukkan beberpa kerajaan di nusantara yang di bantu oleh Mahapatih Gajah Mada.
Hingga kehebatan kerajaan Majapahit menembus daerah sekitar Asia Tenggara.

Runtuhnya Majapahit 

Kerajaan Majapahit mengalami kemunduran setah sepeninggal Hyam Wuruk dan Mahapatih Gajah mada. Kemunduran itu bukan hanya karena perebutan kekuasaan, tetapi juga serangan dari kerajaan Islam yang mulai bermunculan saat itu. Kerajaan Majapahit runtuh pada tahun 1518 M yang di pimpin oleh Patih Udara.

Raja-raja Majapahit

  1. Raden Wijaya 1273 – 1309 
  2. Jayanegara 1309-1328 
  3. Tribhuwanatunggaldewi 1328-1350 
  4. Hayam Wuruk 1350-1389 
  5. Wikramawardana 1389-1429 
  6. Kertabhumi 1429-1478

Demikian lah pembahasan tentang cikal-bakal Kerajaan Majapahit, masa kejayaan, masa runtuhnya dan nama-nama Raja yang pernah berkuasa. Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Macam-Macam Bagian Penyusun Tulang Rangka Manusia Lengkap

Macam-Macam Bagian Penyusun Tulang Rangka Manusia Lengkap - Tulang penyusun rangka tubuh manusia terbagi menjadi tiga bagian, yaitu : ...