Minggu, 09 Oktober 2016

Kerajaan Sriwijaya

http://www.sigerpendidikan.com/2016/10/kerajaan-sriwijaya.html

Kerajaan sriwijaya- Kerajaan Sriwijaya adalah kerajaan yang berdiri pada abad ke 7 yang di buktikan oleh ada nya prasasti di Palembang, yaitu prasati kedukan bukit, sriwijaya merupakan kerajaan yang mempunyai kekuatan yang besar di pulau Sumatra, nama Sriwijaya memiliki arti berupa “Sri” artinya bercahaya dan “Wijaya” yang arti nya kemenangan, kata ini berasal dari bahasa sansekerta, sehingga sriwijaya dapat kita artikan dengan kemenangan yang gemilang.Kerajaan sriwijaya dipimpin oleh Dapunta Hyang Sri Jayanasa sebagai raja pertama nya, Menurut pendeta Tiongkok yang menjadi pusat kerajaan sriwijaya berada pada kawasan Candi Muara Takus ( provinsi RIAU sekarang)

Masa Jaya Kerajaan Sriwijaya

Pada abad 9-10 Masehi kerajaan sriwijaya mengalami masa jaya yaitu menguasai perdangan maritim di Asia Tenggara. Kerajaan sriwijaya menguasai hamper di seluruh wilayah Asia Tenggara, seperti Filipina, Vietnam, Kamboja, Sumatra, Jawa dan Thailand. Sriwijaya memegang kendali atas perdagangan lokal, yang mengambil bea cukai setiap kapal perdagangan yang melintas. Hal tersebut di sebabkan kerajaan sriwijaya adalah penguasa atas Selat Sunda dan Selat Malaka. Kemudian kerajaan sriwijaya juga mengambil hasil dari jasa pelabuhan dan gudang perdagangan Tiongkok dan India.

Masa Runtuhnya Kerajaan Seriwijaya

Kerajaan Sriwijaya mengalami keruntuhan pada saat Kerajaan Cholamandala yang dipimpin Raja Rajendra Chola menyerang pada tahun 1007 dan 1023 M, serangan dua kali ini berhasil merebut Bandar Bandar kota Sriwijaya. Dua kerajaan ini bersaing merebut bidang perdagangan dan pelayaran, jadi penerangan ini bukan untuk menjajah kerajaan sriwijaya, melainkan untuk melemahkan armada sriwijaya, yang tentu saja akan menyebabkan perekonomian kerajaan sriwijaya goyah dan semakin melemah karena semakin berkurangnya pedangan yang berdangan ke sriwijaya . Tidak hanya itu saja , kekuatan militer kerajaan sriwijya juga semakin melemah, sehingga banyak daerah jajahan sriwijaya melepaskan diri . Dan pada abad ke 13 M Kerajaan Sriwijaya akhir nya benar-benar runtuh.

Berikut Nama-nama Raja Yang Memimpin Kerajaan Sriwijaya

1.    Dapunta Hyang Sri Jayanasa2.    Sri Indravarman3.    Rudra Vikraman4.    Maharaja WisnuDharmmatunggadewa     5.    Dharanindra Sanggramadhananjaya6.    Samaragrawira7.    Samaratungga8.    Balaputradewa9.    Sri UdayadityavarmanSe-li-hou-ta-hia-li-tan10.    Hie-tche (Haji)11.    Sri CudamanivarmadevaSe-li-chu-la-wu-ni-fu-ma-tian-hwa12.    Sri MaravijayottunggaSe-li-ma-la-pi13.    Sumatrabhumi14.    Sangramavijayottungga15.    Rajendra Dewa KulottunggaTi-hua-ka-lo16.    Rajendra II17.    Rajendra III18.    Srimat Trailokyaraja Maulibhusana Warmadewa19.    Srimat Tribhuwanaraja Mauli Warmadewa20.    Srimat Sri Udayadityawarma Pratapaparakrama Rajendra Maulimali Warmadewa.

Berikut Beberapa Prasasti Peninggalan Kerajaan Sriwijaya :

1. Kedukan BukitPrasasti yang ditemukan pada tahun 605 SM/638 M di Pelembang ini berisi ekspansi 8 hari dengan 20.000 tentara yang dilakukan oleh Dapunta Hyang yang berhasil menaklukkan beberapa daerah yang membuat Sriwijaya menjadi makmur.2. Talang TuoPrasasti yang di temukan disebelah barat Palembang pada tahun  606 SM/684 M yang berisi tentang pembuatan Taman Sriksetra demi kemakmuran semua makhluk oleh Dapunta Hyang Sri Jayanaga.3. Kota KapurPrasasti yang di temukan di Bangka,prasasti ini bertuliskan tahun 608 Sm/686 M, yang berisi tentang pemohonan untuk keselamatan Kerajaan Sriwijaya beserta seluruh rakyat kepada dewa.4. Karang BirahiPrasasti ini isi nya sama dengan prasasti  Kota Kapur yang berisi permohonan keselamatan, prasasti ini ditemukan di Jambi pada tahun 608 SM/686 M.5. Talang BatuPrasasti ini berisi tentang kutukan terhadap pelaku kejahatan dan pelanggar perintah dari raja, prasati ini di temukan di Palembang tetapi tidak ada tahun kapan prasati itu dibuat.6. Palas DipasemahPrasasti ini di temukan di Lampung, namun tidak ada tahun nya, prasasti ini berisi tentang keberhasilan Sriwijaya menduduki Lampung Selatan.7. Ligor   Isi dari prasasti ini menceritakan bahwa Sriwijaya di bawah kekuasaan Darmaseta. Prasasti yang di temukan di tanah genting Kra pada tahun 679 SM/775 MDemikian lah pembahasan tentang Kerajaan Sriwijaya semoga dapat bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Macam-Macam Bagian Penyusun Tulang Rangka Manusia Lengkap

Macam-Macam Bagian Penyusun Tulang Rangka Manusia Lengkap - Tulang penyusun rangka tubuh manusia terbagi menjadi tiga bagian, yaitu : ...