Selasa, 11 Oktober 2016

Tahapan Perkembembangan Manusia Dari Embrio Sampai Dewasa

 http://www.sigerpendidikan.com/2016/10/tahapan-perkembangan-manusia.html

Tahapan Perkembangan Manusia

Perkembangan yang terjadi pada manusia melalui sebuah proses. Proses dalam pembentukan manusia dimulai dengan proses pembuahan. Yakni bertemunya sel telur yang ada pada ibu dengan sel sperma dari ayah.

Inti sel sperma tersebut akan melebur dengan inti dari sel telur dan akan membentuk suatu sel yang baru yang kita kenal sabagai zigot. Zigot ini akan membelah dirinya menjadi 2 sel, 4 sel, 8 sel, 16 sel, 32 sel, dan seterusnya. Dengan perkembangan zigot yang banyak tersebut kemudian terbentuklah janin di rahim ibu. Lama nya proses dari berkembang nya selama di rahim ibu adalah sekitar 9 bulan.


Perkembangan janin yang terjadi di dalam rahim dapat dibagi menjadi tiga tahapan , lama dari setiap tahapan ini adalah tiga bulan



1. Trimester Pertama.

Pada tiga bulan yang pertama ini embrio akan berkembang menjadi janin yang panajangnya sekitar 5,5 cm. Pada tahap ini janin sudah berbentuk seperti manusia meskipun ukuran dari kepalanya sangat besar. Pada akhir tahapan ini janin sudah dapat menggerakkan tangan dan kakinya.


2. Trimester Kedua

Tiga bulan kedua ini, janin yang berada dalam rahim sudah mancapai sekitar 19 cm. Pada tahapan ini jantung janin sudah mulai bida dideteksi. Gerakan janin sudah mulai aktif, tangan dan kaki nya telah berkembang, dan muka tumbuh memanjang.


3. Trimester Ketiga

Di tiga bulan terakhir ini terjadi pertumbuhan janin yang cepat. Ukuran tubuh nya pada menjelang kelahiran adalah sekitar 50 cm. Pada saat dilahirkan bayi sudah memiliki system organ seperti orang dewasa. Hanya saja organ-organ tersebut belum matang. Contohnya bayi memiliki kaki tetapi belum bisa berjalan, dan mempunyai tangan tapi belum bisa menggemgam dengan sempurna. 

Dengan bertambahnya usia maka organ-organ pada bayi pun terus berkembang. Pada usia 1 sampain 2 tahun, bayi akan belajar untuk jalan dan menggendalikan dari fungi tangan, mulut, dan kepala. Organ-organ tersebut akan cukup matang pada usia 5 tahun. Kecuali organ reproduksi.

Pada bagian organ reproduksi akan mencapai kematangan nya pada usia menginjak remaja atau masa pubertas. Masa ini biasanya dimulai pada usia 8 -10 tahun, dan akan berakhir pada usia 15-16 tahun.


Pada umumnya organ reproduksi pada wanita akan mengalami kematangan lebih cepat. Beberapa ciri matangnya organ reproduksi wanita adalah :



- Tumbuhnya rambut di daerah kemaluan

- Terjadinya menstruasi

- Membesarnya ukuran buah dada


Sedangkan pada anak laki-laki ditandai dengan :



- Pembesaran jakun ( sehingga suara menjadi besar )

- Otot-otot membesar

- Tumbuhnya rambut di wajah

- Mimpi yang di iringi dengan keluarnya sperma (mimpi basah)

Penyebab munculnya pubertas adalah akibat dari bekerjanya hormone estrogen yang dihasilkan ovarium ( pada anak perempuan) ,dan hormone testosteron yang dihasilan oleh testis (pada anak laki-laki). Pada wanita yang telah matang organ reproduksi nya akan sacara bergantian mengeluarkan sel telur.

Pada umumnya pengeluaran sel telur adalaj 28 hari sekali. Sebelum ovarium mengeluarkan sel telur, rahim telah siap untuk tempat pertumbuhan janin. Persiapan yang dilakukan adalah dengan menebalkan dinding rahim. Pada dinding rahim tersebut akan ada banyak pembuluh darah yang di siapkan untuk mengangkut makanan kepada janin. 

Jika tidak terjadi pembuahan maka tidak akan terbentuk embrio dan pengeluaran hormone yang bertujuan untuk mempertahankan ketebalan dinding rahim.

Oleh sebab itu apabila tidak adanya pembuahan maka dinding rahim akan menciut dan mati, lalu meluruh. Peluruhan dinding rahim ini berupa darah, lender dan cairan yang berasal dari dinding rahim itu sendri.

Setelah habis masa remaja, maka akan masuk dalam masa dewasa. Pada saat inilah pertumbuhan tubuh berada di puncaknya. Selama masa ini, emosional akan berkembang, terus belajar, dan berkembang dalam hal keterampilan, bekerja, dan menciptakan hubungan yang baik dalam hubungan social. 

Setelah potensi pada masa dewasa di lalui, maka akan menuju masa tua. Yang terjadi di usia sekitar 60-65 tahun.Pada masa ini kesehatan dan kecerdasan tubuh menurun, wajah dan tangan mulai keriput. Pada masa ini kegiatan aktifitas menurun dan sulit melakukan kegiatan sehari-hari.

Demikian lah pembahasan tentang tahapan perkemabangan manusia. semoga bisa bermanfaat. terimakasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Macam-Macam Bagian Penyusun Tulang Rangka Manusia Lengkap

Macam-Macam Bagian Penyusun Tulang Rangka Manusia Lengkap - Tulang penyusun rangka tubuh manusia terbagi menjadi tiga bagian, yaitu : ...