Rabu, 12 Oktober 2016

Pengertian dan Unsur Unsur Intrinsik Drama Secara Lengkap


 http://www.sigerpendidikan.com/2016/10/pengertian-dan-unsur-unsur-intrinsik.html

Pengertian dan Unsur Unsur Intrinsik Drama Secara Lengkap - Unsur instrinsik adalah unsur yang ada di dalam karya sastra yang tujuan nya guna membangun karya sastra tersebut. 

Unsur dalam drama ialah :


-Tema

-Amanat

-Perwatakan

-Dialog

-Latar

-Bahasa dan interpretasi

Unsur Intrinsik Drama


1.Tema


Tema merupakan ide awal atau pikiran pusat yang melandasi suatu cerita, tema ini berperan sebagai batasan untuk pengarang sehingga karya sastra yang dihasilkan sesuai dengan ide atau gagasan. Selanjutnya tema dikembangkan dengan alur dramatik melalui percakapan antar tokoh.

2.Amanat 


Amanat merupakan pesan yang akan di sampaikan pengarang kepada penonton atau pembaca drama. Pesan ini sifatnya tersirat. Sehingga penonton atau pembaca drama menyimpulkan sendri apa amanat yang di sampaikan dari drama tersebut.

3.Perwatakan/Karakter Tokoh


Perwatakan atau karakter merupakan sifat dari tokoh yang ada di dalam cerita. Macam-macam sifat ini diciptakan oleh pengarang dan di wujudkan oleh pemeran dalam drama tersebut.

Terdapat 3 macam jenis karakter yaitu :

-Protagonis, ialah tokoh utama yang memiliki karakter baik

-Antagonis, ialah tokoh utama yang memiliki karakter jahat

-Tritagonis, ialah tokoh yang mempunyai peranan sebagai tokoh pembantu dalam cerita.

Didalam drama yang menjadi ciri khas yaitu adanya percakapan atau dialog dalam penyampaian nya. Dialog berfungsi untuk melancarkan cerita , selain itu dialog digunakan sebagai penggerak cerita dan untuk melihat karakter tokoh cerita.

4.Dialog


Didalam drama yang menjadi cirri khas yaitu adanya percakapan atau dialog dalam penyampaian nya. Dialog berfungsi untuk melancarkan cerita , selain itu dialog digunakan sebagai penggerak cerita dan untuk melihat karakter tokoh cerita.
Terdapat dua macam teknik dialog, yaitu monolog dan konversi. Dan ada juga dialog berbentuk epilog dan prolog

Epilog adalah bagian pada penutup cerita drma digunakan untuk menyampaikan maksud dari drama tersebut, sedangkan

Prolog adalah pendahuluan yang di ungkap kan oleh pemain/ tokoh drama guna menyampaikam 

5.Alur/Plot


Alur atau plot merupakan jalan cerita. Didalam drama ada beberapa tahapan plot, yaitu :

-Tahap pertemuan

-Tahap pertikaian

-Tahap perumitan

-Tahap puncak

-Tahap peleraian

-Tahap akhir

Dalam penerapan nya alur dalam drama dibagi atas babak dan adegan-adegan. Babak merupakan bagian dari plot/alur yang merubah setting atau latar. Sementara adegan adalah babak baru yyang di tandai perubahan jumlah atau perubahan dialok yang di bicrakan.
Alur cerita dibagi menjadi beberapa bagian, diantara nya :

-Pengenalan 

-Pertikaian/ konflik

-Komplikasi

-Klimaks

-Peleraian

-Penyelesaian 

6.Latar/Setting


Latar merupakan tempat terjadinya suatu peristiwa yang di sampaikan dalam cerita. Latar juga miliputi alat-alat, benda, pakaian dan system kehidupan yang fungsi nya menghidupkan latar tersebut.

7.Bahasa 


Bahasa yang digunakan di dalam drama biasa nya menggunakan bahasa yang mudah di mengerti, atau bahasa yang biasa di pakai sehari-hari. Bahasa yang dipakai dipilih sedemikian rupa sehinga dapat menghidupkan cerita di dalam drama tersebut, serta menghidupkan dialog atau percakapan antar tokoh. Demi pertimbanagan agar bahasa nya komunikatif, tak jarang pengarang mengabaikan aturan kata-kata baku.

8.Interpretasi 


Pengarang naskah drama selalu menggunakan kehidupan masyarakat untuk menjadi sumber gagasan untuk menulis sebuah cerita. Naskah yang di tulis haruslah masuk akal, tidak dibuat-buat, wajar dan tidak ada kejanggalan serta dapat di pertanggung jawabkan.


Demikian lah pembahahasan tentang unsur-unsur instrinsik dalam drama. Semoga nisa menambah wawasan kita semua. Terimakasih.


2 komentar:

Macam-Macam Bagian Penyusun Tulang Rangka Manusia Lengkap

Macam-Macam Bagian Penyusun Tulang Rangka Manusia Lengkap - Tulang penyusun rangka tubuh manusia terbagi menjadi tiga bagian, yaitu : ...