Rabu, 12 Oktober 2016

Pengertian dan Jenis Tenaga Endogen Secara Lengkap



 http://www.sigerpendidikan.com/2016/10/pengertian-dan-jenis-tenaga-endogen.html

Pengertian dan Jenis Tenaga Endogen Secara Lengkap - Tenaga Endogen merupakan tenaga yang asalnya dari dalam bumi. Tenaga ini sering disebut dengan tenaga tektonik. Sifat dari tenaga ini adalah membangun atau membentuk. Tenaga endogen terdiri dari gempa bumi, proses diatropisme, dan vulkanisme. Tenaga endogen disebabkan oleh energi panas yang ada pada mantel dan kerak bumi.
Berikut jenis dan contoh dari tenaga endogen :

A. Gempa Bumi

 http://www.sigerpendidikan.com/2016/10/pengertian-dan-jenis-tenaga-endogen.html

Gempa bumi dapat terjadi karena adanya proses endogenik yang dihasilkan oleh lapisan batuan didasar tanah yang mengalami pergerakan. Gempa bumi merupakan suatu proses hentakan yang kuat dari dalam bumi yang menyebabkan permukaan tanah mengalami guncangan.   

Asal dari atau pusat tenaga ini adalah suatu titik atau yang disebut dengan fokus, setelah itu getaran yang dihasilakan akan mengalami perambatan dalam bentuk lingkaran konsentrik, akibat dari gempa bumi yang terjadi berupa kerusakan. 

Hal ini disebabkan karena gempa bumi merusak struktur bangunan yang ada di atas nya akibat gerakan dari dalam bumi tersebut. Biasanya kerusakan yang paling besar terjadi di lapisan empisentrum. Yaitu titik fokus nya. 

Beberapa istilah dalam gempa bumi. 

1. Episentrum , merupakan suatu titik yang menjadi tempat merambatnya getaran gelombang gempa di permukaan bumi.

2. Hiposentrum, merupakan titik dipermukaan bumi yang manjadi pusat gempa.

3. Seismograf, alat yang digunakan untuk mengukur dan mencatat gempa.

4. Seismografi, merupan suatu ilmu yang mempelajari tentang gempa bumi, dan ilmuan yang khusus mempelajarinya disebut seismolog.

Jenis penyebab terjadinya gempa :

1. Gempa Tektonik (volcanic earthquake), yaitu gempa yang terjadi akibat adanya proses tektonik dalam lapisan kulit dibumi  berupa pergeseran atau patahan struktur lapisan batuan secara vertikal atau horizontal.

2. Gempa Vulkanik (vulkanic earthquake) , yaitu gempa bumi yang terjadi akibat dari aktifitas gunung berapi, baik sebelum ataupun sesudah meletusnya gunung berapi.

3. Gempa Runtuhan (fall earthquake), yaitu gempa yang disebabkan oleh adanya runtuhan massa batuan raksasa atau tanah, atau dapat juga disebabkan oleh runtuhnya gua yang sangat besar sehingga menyebabkan getaran yang tidak telalu besar dibanding tektonik ataupun vulkanik. 

Pada umum nya gempa bumi akan menyebabkan kerusakan di permukaan bumi yang berbahaya bagi kehidupan manusia. Gempa bumi yang terjadi di daratan akan menyebabkan gedung-gedung, bangunan-bangunan tinggi mengalami kerusakan.

Sedangkan gempa bumi yang terjadi didasar laut dapat menyebabkan tsunami. Seperti tsunami yang terjadi di aceh pada tahun 2004

Gempa bumi biasanya terjadi akibat dari berbenturan nya lempeng bumi yang di sebabkan oleh pergerakan lapisan kulit bumi.  Contoh gempa yang terjadi beberapa tahun terakhir di Indonesia yaitu gempa Nias, Aceh, Yogyakarta yang menghancurkan bangunan-bangunan serta menelan korban jiwa yang tidak sedikit.

B. Proses Diatropisme / Teknonisme

 http://www.sigerpendidikan.com/2016/10/pengertian-dan-jenis-tenaga-endogen.html

Merupakan proses yang termasuk dalam pembentukan permukaan bumi yang berasal dari tenaga endogen tanpa dipengaruhi oleh magma. Proses ini merupakan proses struktural yang menyebabkan adanya proses lipatan dan patahan.

- Lipatan 

Terjadi karena adanya pergerakan tenaga endogen yang sifatnya mendatar dari dua arah yang berlawanan. Bagian lipatan puncak disebut sebagai antiklinal , serta bagian yang rendah atau lembah disebut sebagai sinklinal.  Contoh dari  lipatan yang besar yaitu pegunungan lipatan muda mediterania. Jenis lipatan dapat dibedakan atas ketegakan posisi sumbu dan bentuk pelipatan nya, yaitu terdiri dari lipatan tegak, rebah, kelopak dan lipatan condong

- Patahan 

Patahan terjadi kerena adanya retakan pada suatu bentang. Patahan juga bisa disebabkan karena adanya pengurangan lapisan kerak bumi.  Contohnya patahan yang disebabkan letusan vulkanisme, yang menyebabkan satu bagian kulit bumi yang merosot ke sekitarnya.

C. Vulkanisme


 http://www.sigerpendidikan.com/2016/10/pengertian-dan-jenis-tenaga-endogen.html



Vulkanisme yaitu pergerakan magma yang berasal dari lapisan litosfer dan masuk ke lapisan lebih atas bahkan sampai permukaan bumi. Apabila magma sampai ke permukaan bumi maka peristiwanya disebut sebagai erupsi gunung api. 

Magma dalam keadaan normal bersuhu antara 900 sampai 1200 derajat celcius , bentuk nya berupabahan silikat cair pijar yang terdiri dari benda padat, cair, dan gas. 

Gerakan magma yang berhasil sampai ke permukaan bumi disebut sebagai ekstruksi magma. Sedangkan magma yang berhenti saat menuju permukaan bumi disebut sebagai intrusi.

Demikian lah pembahasan materi tentang Pengertian dan Jenis Tenaga Endogen Secara Lengkap. Semoga bisa bermanfaat. Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Macam-Macam Bagian Penyusun Tulang Rangka Manusia Lengkap

Macam-Macam Bagian Penyusun Tulang Rangka Manusia Lengkap - Tulang penyusun rangka tubuh manusia terbagi menjadi tiga bagian, yaitu : ...