Jumat, 14 Oktober 2016

Fungsi SUM, COUNT, AVERAGE, MAX, MIN, DAN Logika IF Pada Microsoft Excel

 http://www.sigerpendidikan.com/2016/10/fungsi-sum-count-average-mx-min-dan.html


Fungsi SUM, COUNT, AVERAGE, MAX, MIN, DAN Logika IF Pada Microsoft Excel - Didalam Microsoft excel terdapat berbagai macam fungsi-fungsi yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan kita. Berikut akan kita bahas beberapa fungsi yang umum di pakai di dunia pekerjaan.

1. Fungsi Sum

Fungsi SUM ialah fungsi yang digunakan untuk menjumlahkan data pada suatu range. Bentuk dari  fungsi ini adalah =SUM(number1, number2,dst). Number1, number2 dan seterusnya merupakan range data yang akan kita jumlahkan. Contohnya untuk menjumlahkan range data pada c3 sampai range data c14, maka rumus yang di pakai ialah =SUM(C3:C14) setelah itu tekan ENTER


2. Fungsi Count

Fungsi Count ialah fungsi digunakan untuk menghitung jumlah data dari suatu range yang kita pilih. Bentuknya adalah ; 
=COUNT(number1, number2,dst), dimana number1, number2, dan seterusnya merupakan range data (numerik) yang akan kita hitung jumlah datanya. Contoh untuk menghitung jmlah data dari range data C3 sampai C14, maka rumus yang dipakai ialah =COUNT(C3:C14) setelah itu tekan ENTER.


3 Fungsi Average

Fungsi ini merupakan fungsi digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data (range). Bentuknya adalah =AVERAGE(number1, number2,dst), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data yang akan kita cari nilai rata-ratanya. Contoh nya kita mencari nilai rata-rata dari range data C3 sampai C14, maka yang dipakai adalah =AVERAGE(C3: C14) setelah itu tekan ENTER.


4. Fungsi Max

Fungsi ini merupaka fungsi yang digunakan untuk mendapatkan nilai tertinggi dari sekumpulan data (range). Bentuk penulisan fungsinya adalah ;
=MAX(number1, number2,dst), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan kita cari nilai tertingginya. contohnya untuk mencari nilai maksimal dari range data C3 sampai C14, maka rumusnya adalah =MAX(C3: C14) setelah itu tekan ENTER.


5. Fungsi Min

Fungsi Min merupakan fungsi untuk mencari nilai terkecil atau minimum dari sekumpulan data numerik. Contoh penulisannya adalah ; 
=MIN(number1, number2,dst), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan kita cari nilai tertingginya. Contoh  untuk mencari nilai terendah dari range data C3 sampai C14, rumusnya adalah =MIN(C3:C14) setelah itu tekan ENTER.


6. Fungsi Logika IF

Fungsi merupakan fungsi yang digunakan jika data yang kita masukkan mempunyai kondisi tertentu. Contohnya , jika nilai sel A1=1, maka hasilnya 2, jika tidak, maka akan bernilai 0. 
Lambang Fungsi

= Sama dengan
< Lebih kecil dari
> Lebih besar dari
<= Lebih kecil atau sama dengan
>= Lebih besar atau sama dengan
<> Tidak sama dengan

Contoh penulisan fungsi ini adalah ;
=IF(logical_test,value_if_true,value_if_false), artinya apabila ekspresi logika (logical_test) bernilai benar, maka perintah pada value_if_true akan dilaksanakan, sedangkan jika salah, maka perintah pada value_if_false  yang akan dilaksanakan.

Demikian lah pembahasan kita kali ini tentang Fungsi SUM, COUNT, AVERAGE, MAX, MIN, DAN Logika IF Pada Microsoft Excel, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih.




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Macam-Macam Bagian Penyusun Tulang Rangka Manusia Lengkap

Macam-Macam Bagian Penyusun Tulang Rangka Manusia Lengkap - Tulang penyusun rangka tubuh manusia terbagi menjadi tiga bagian, yaitu : ...