Selasa, 11 Oktober 2016

Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Makhluk Hidup

 http://www.sigerpendidikan.com/2016/10/tahapan-perkembangan-manusia.html
Pada kesempatan kali ini, akan kita bahas tentang Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Makhluk Hidup

Pertumbuhan 

Pertumbuhan adalah sebuah proses bertambahnya suatu ukuran makhluk hidup yang bersifat tidak bisa kembali ke semula. 

Pada hewan dan tumbuhan, pertumbuhan dapat dilihat dari pertambahan tinggi dan besar nya. Begitu pula pada manusia, dari awal kita dilahirkan terus tumbuh menjadi besar dan tinggi.

Bagai mana makhluk hidup bisa tumbuh ?

Pada makhluk hidup yang terdiri banyak sel, pertumbuhan ini di sebabkan oleh pertambahan jumalah dan ukuran sel tersebut. 

Sedangkan pada makhluk hidup yang hanya ada satu sel, pertumbuhan dilakukan dengan bertambahnya ukuran sel tersebut. 

Bertambahnya tinggi suatu tanaman, semakin membesarkan diameter batang, dan penambahan tinggi suatu hewan merupakan bukti-bukti bahwa tumbuhan dan hewan tersebut tumbuh.

Untuk melakukan proses pertumbuhan tersebut, makhluk hidup harus mendapatkan bahan-bahan yang diperlukan. 

Pada manusia dan hewan dapat dilakukan dengan cara makan. Sedangkan pada tumbuhan bahan-bahan tersebut dapat di perolrh dari hasil fotosintesis dan penyerapan unsur-unsur mineral dari dalam tanah.

Perkembangan

Perkembangan adalah sebuah proses perubahan makhluk hidup pembentukan system organ-organ yang mengarah pada kedewasaan.

Contoh nya yang terjadi pada kupu-kupu. Pada kupu-kupu terlihat jelas ada nya perkembangan yang terjadi. 

Pada awal nya kupu-kupu berasal dari telur, dan menetas menjadi larva (ulat). Ulat berubah menjadi kepompong (pupa). Kemudian setelah manjadi kepompong barulah menjadi kupu-kupu.

Salah satu cirri dari makhluk hidup yang telah mencapai akhir masa perkembangan nya adalah dengan matang nya organ reproduksi. 

Perkembangan organ pada tumbuhan di tandai dengan tumbuh nya bunga, sedangakan pertumbuhan reproduksi pada hewan tidak terlalu mencolok. 

Dengan matang nya organ-organ reprodukdi tersebut makhluk hidup dapat bereproduksi untuk mendapatkan keturunan-keturunan baru.

Mengapa makhluk hidup bereproduksi ?

Reproduksi adalah usaha yang dilakukan makhluk hidup untuk mempertahankan jenis nya. Makhluk hidup akan punah apabila tidak bisa bereproduksi. 

Sebaliknya makhluk hidup yang dapat bereproduksi dan menghasilakan keturunan akan tetap lestari di bumi ini. Dan juga reproduksi pada makhluk hidup yang proses nya lambat, lama kelamaan akan berakibat juga pada punah nya jenis tertentu. 

Contoh nya pada badak jawa, harimau Sumatra, dll. Yang kesemua itu system reproduksi nya lambat. Berbeda dengan nyamuk, yang sangat cepat reproduksi nya, dan menghasilkan keturunan yang banyak, sehingga walaupun nyamuk banyak yang dibunuh setiap malam, tetapi nyamuk akan tetap ada.

Dari beberpa contoh diatas sudah jelas bahwa pertumbuhan dan perkembangan sangat mempengaruhi suatu makhluk hidup. 

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Makhluk Hidup, semoga ada manfaatnya. Terimakasih 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Macam-Macam Bagian Penyusun Tulang Rangka Manusia Lengkap

Macam-Macam Bagian Penyusun Tulang Rangka Manusia Lengkap - Tulang penyusun rangka tubuh manusia terbagi menjadi tiga bagian, yaitu : ...