Jumat, 14 Oktober 2016

Pengertian Sosiologi Lengkap Dan Pendapat Menurut Tokoh

 http://www.sigerpendidikan.com/2016/10/pengertian-sosiologi-lengkap-dan.html

Pengertian Sosiologi Lengkap Dan Pendapat Menurut Tokoh - Sosiologi adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari hubungan manusia dengan manusia, manusia dengan kelompok , serta kelompok dan masyarakat. Yang menjadi objek dari kajian sosiologi ini adalah masyarakat. Dalam proses kehidupan tentunya manusia melalukan interaksi dengan yang lain. Dan sosiologi lah yang mempelajari hal itu dengan tujuan dapat  memberikan gambaran realita social yang ada di masyarakat dengan tujuan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang timbul dan di hadapi masyarakat.


Pengertian Sosiologi


Kata sosiologi pertama kali di cetuskan oeh Auguste Comte, filsuf asal Prancis dalam buku nya Cours de la Philosovie Positive, yang kemudian kita kenal sebagai bapak sosiologi dunia. Auguste Comte menyebut sosiologi adalah ilmu tentang masyarakat. Kata sosiologi berasal dari bahasa Latin yaitu socis dan logos. Socius memiliki arti teman atau kawan dan logos yang berate ilmu pengetahuan

Auguste Comte menyebutkan sosiologi adalah ilmu pengetahuan. Dan sebuah pengetahuan dapat dikatakan sebagai ilmu jika dapat mengembangkan kerangka pengetahuan yang tersusun dan terbukti dengan penelitian sacara ilmiah. Sosiologi dikatakan sebagai ilmu apabila sosiologi mandasarkan penelaahan nya berdasarkan bukti-bukti dan motode ilmiah.

Sosiologi ialah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang hubungan antara manusia dalam proses bermasyarakat.
Secara luas sosiologi ialah ilmu yangm mempelajari masyarakat dimana masyarkat sebagai kompleks hubungan, jaringan, kekuatan dan kompleks lembaga/ penata

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

Berikut di bawah ini merupakan pengertian sosiologi menurut para ahli sosiologi, yaitu sebagai berikut:

1. Soejono Soekanto

Sosiologi merupakan ilmu yang memfokuskan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang sifatnya umum dan berusaha untuk mendapatkan pola umum kehidupan dalam bermasyarakat.
 

2. Roucek dan Warren

Sosiologi merupak suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok-kelompok.

3. Max Weber

Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang berusaha memahami tindakan-tindakan social masyarakat.

4. J.A.A Von Dorn dan C.J. Lammers

Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan tentang bentuk-bentuk dan proses-proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.

5. Allan Jhonson

Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang kehidupan dan perilaku manusia, terutama dalam hubungannya dengan sistem sosial dan bagaimana suatu sistem tersebut dapat mempengaruhi orang dan bagaimana orang yang terlibat didalamnya itu dapat mempengaruhi sistem tersebut.

6. William Kornblum

Sosiologi merupakan suatu upaya ilmiah yang dilakukan untuk mempelajari tentang masyarakat dan perilaku sosialnya serta menjadikan masyarakat yang bersangkutan tersebut kedalam berbagai kelompok dan kondisi.

7. Selo Sumardjan dan Soelaeman Soemardi

Sosiologi merupakan sebagai ilmu masyarakat yang mempelajari tentang struktur sosial yaitu keseluruhan jalinan sosial yang ada antara unsur-unsur sosial yang sifatnya pokok, ,ke-lompok-kelompok, seperti kaidah-kaidah sosial dan lapisan-lapisan sosial. Dan sosiologi juga mempelajari proses sosial masyarakat yaitu pengaruh timbal balik antara berbagai segi kehidupan bersama.

8. P.J. Bouman

Sosiologi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari hubungan sosial antar sesama manusia, antar individu dengan kelompok, serta sifat dan perubahan-perubahan, lembaga-lembaga serta ide-ide sosial.

9. Pitirim Sorokin

Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari hubungan serta pengaruh timbal balik berbagai macam gejala sosial (misalnya gejala ekonomi, gejala keluarga,dan gejala moral), sehingga sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan serta pengaruh hubungan timbal balik antara gejala sosial dengan gejala non-sosial, dan yang terakhir, sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari ciri-ciri umum semua jenis gejala-gejala sosial lainnya.

10. William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkopf

Sosiologi merupakan sebuah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial manusia dan hasilnya, yaitu organisasi social.

Demikian lah pembahasan tentang Pengertian Sosiologi Lengkap Dan Pendapat Menurut Tokoh, semoga bisa menambah wawasan ilmu kita. Terimakasih.



 

 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Macam-Macam Bagian Penyusun Tulang Rangka Manusia Lengkap

Macam-Macam Bagian Penyusun Tulang Rangka Manusia Lengkap - Tulang penyusun rangka tubuh manusia terbagi menjadi tiga bagian, yaitu : ...